Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Apartemen

22027469 - hotel door - young man holding a keycard in front of the electronic sensor of a room door

Hunian tempat tinggal adalah kebutuhan utama setiap individu. Apabila sebelumnya tempat tinggal selalu dikaitkan dengan hunian rumah, namun dengan berbagai kemudahan, fasilitas dan kelengkapan yang ditawarkan, apartemen menjadi kian populer di kalangan masyarakat, terutama para kaum muda.

Selain untuk tempat tinggal, banyak orang menjadikan apartemen sebagai salah satu investasi karena nilai jual yang terus naik setiap tahunnya. Selain itu harga apartemen pada umumnya lebih rendah dibandingkan dengan harga rumah.

Kondisi di kota besar seperti Jakarta, Medan dan Surabaya saat ini adalah luas lahan yang semakin terbatas dan permintaan hunian yang tinggi. Para pengembang properti melihat kesempatan ini dan mulai beralih untuk memasarkan hunian vertikal. Berbagai promosi dan diskon pun ditawarkan, pada umumnya apartemen dengan lokasi strategis dan fasilitas yang lengkap memiliki nilai jual yang tinggi.

Jika Anda memiliki budget terbatas untuk membeli sebuah apartemen, Priceza memiliki beberapa tips yang harus Anda baca.

Apartemen Bersubsidi

Mengapa apartemen bersubsidi? Apartemen bersubsidi memiliki harga yang lebih murah karena merupakan program penyediaan hunian yang sebagian besar dananya ditanggung oleh pemerintah.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Sebelum Menyewakan Rumah

Ketersediaan apartemen bersubsidi sangat terbatas. Oleh karena itu, Anda harus gesit dalam menemukannya.

Beli Apartemen Langsung dari Pemiliknya

Membeli properti lewat jasa perantara memang memberikan banyak kemudahan, khususnya bagi Anda yang kurang memahami urusan surat menyurat. Namun mengingat komisi yang harus diberikan pemilik properti kepada perantara adalah sebesar 1% sampai dengan 3%, mungkin Anda harus mempertimbangkan kembali hal ini sebelum membeli properti.

Daftar Sebagai Pembeli Pertama

Promosi jenis ini banyak dilakukan pengembang properti saat mulai memasarkan propertinya, umumnya properti yang ditawarkan masih dalam tahap perencanaan atau tahap paling awal.

Walaupun resiko yang dihadapi tidak kecil namun membeli apartemen dengan sistem “Daftar Pembeli Pertama” kebanyakkan memberikan banyak potongan harga dibandingkan apabila apartemen sudah rampung lebih dari 30%

Untuk bisa mendapatkan kesempatan ini, Anda harus sering menghadiri berbagai pameran properti.

Riset

Dengan persaingan yang tidak sedikit, para pengembang properti akan berusaha melakukan berbagai promosi, termasuk bekerjasama dengan bank.

Luangkan waktu Anda untuk lebih banyak mencari informasi mengenai promosi yang ditawarkan para pengembang dengan KPR bunga terendah.

Apartemen Lelang

Pelelangan apartemen biasanya dilakukan bank ketika debitur tidak sanggup membayar KPR. Karenanya, harga apartemen lelang biasanya jauh lebih murah dibandingkan apartemen baru. Selain lebih murah, Anda juga bisa menikmati fasilitas publik yang sudah siap untuk digunakan.

Namun pastikan Anda mengecek kondisi apartemen tersebut. Terkadang ada beberapa fasilitas yang sudah tidak bisa digunakan dan Anda bisa menawar harganya menjadi lebih murah.

Semoga tips dari Priceza dapat membantu untuk menemukan apartemen impian Anda.

Sumber : https://www.priceza.co.id/